Tahu Gak Loe Jika Ikan yang Menelan Nabi Yunus AS Masih Hidup?

HastagNet – Umat Muslim tentu ketahui cerita tentang Nabi Yunus AS yang sempat ditelan ikan besar di tengah- tengah laut bagaikan wujud peringatan dari Allah SWT sebab sudah meninggalkan umatnya. Cerita tersebut pasti saja dikisahkan dalam Alquran pesan Ash- Shaffat ayat 139- 148.

Dalam waktu yang lumayan lama, Nabi Yunus tinggal di dalam perut ikan tersebut, terombang- ambing mengarungi samudera. Tetapi, Nabi Yunus siuman hendak dosanya serta memohon ampunan kepada Allah. Sehabis Allah menerima taubat Nabi Yunus, baru ikan besar tersebut memuntahkan Nabi Yunus dalam kondisi masih hidup. Ikan itu juga kembali ke lautan meninggalkan Nabi Yunus sendirian.

Cerita antara Nabi Yunus serta ikan besar yang menelannya memanglah tidak dikisahkan secara perinci dalam Alquran. Walaupun Nabi Yunus telah wafat ribuan tahun kemudian, kemudian apakah benar ikan yang sempat menelannya masih hidup hingga saat ini?

Bersumber pada pesan Ash- Shaffat ayat 145, Allah menerangkan bila seandainya dikala itu Nabi Yunus bukan terkategori orang yang tidak mengingat Allah ataupun bertobat, hingga dia hendak tinggal di dalam ikan tersebut hingga hari kiamat.

Berikut penjelasan ayat tersebut:

“( ayat 139) Sebetulnya Yunus betul- betul salah seseorang rasul,( ingatlah) kala dia lari, ke kapal yang penuh muatan, Setelah itu dia turut berundi kemudian ia tercantum orang- orang yang kalah dalam undian. Hingga dia ditelan oleh ikan besar dalam kondisi tercela. Hingga jika sekiranya ia tidak tercantum orang- orang yang banyak mengingat Allah,( ayat 144) Tentu dia hendak senantiasa tinggal di perut ikan itu hingga hari berbangkit.( Q. S Ash- Shaffat, ayat 139- 148).

Dari ayat tersebut dipaparkan jika Nabi Yunus dapat saja tinggal di dalam ikan besar itu hingga‘ hari berbangkit’ bila seandainya tidak bertobat. Bagi sebagian tafsir, hari berbangkit ini diasumsikan bagaikan hari kiamat.

Dalam kata lain, ikan tersebut hendak jadi tempat tinggal sekalian kuburan Nabi Yunus hingga hari kiamat datang. Oleh sebab itu, ikan yang sempat menelan Nabi Yunus diprediksi masih hidup hingga saat ini.

Tetapi benar ataupun tidaknya ikan itu masih hidup, cuma Allah yang mengenali. [*]

Komentar