Resep ENAK Ramadhan Kolak Pisang dan Labu Kuning

Hastag.net –  Resep Ramadhan: Kolak Pisang dan Labu Kuning. Puasa ramadhan tinggal beberapa minggu lagi. Sudah menyiapkan apa saja untuk bulan puasa? Sudah pasti siapkan diri, sucikan hati dan pikiran, untuk bisa beribadah di bulan ramadhan dengan khusyuk. Dan jangan lupa untuk yang punya hutang puasa tahun lalu, agar diselesaikan.
Bulan ramadhan biasanya saya rajin bikin menu yang manis-manis, seperti sop buah, es campur dan kolak. Kolak adalah meu kesukaan suami dan anak-anak, biasanya aku bikin seminggu 2 kali biar tidak bosan juga saat puasa. Menu berbuka puasa itu harus beragam, yang penting keluarga sangat menyukainya. 
Sebenarnya kolak itu bisa dinikmati kapan saja, mau itu bulan ramadhan ataupun hari biasa. Kalau lagi ngumpul sama teman dan keluarga, pasti bikin kolak pisang dan kolang kaling. Nah, karena beberapa minggu lagi puasa, pengen nulis aja gitu resep bikin kolak. Kali ini, karena ada labu kuning yang saya bawa dari Garut saat pulang kampung kemarin, jadi saya bikin saja kolak pisang dan labu kuning. Apalagi bikin menu ramadhan untuk buka puasa ini juga gampang banget kok dan bikinnya ga perlu waktu lama.
Bahan yang dibutuhkan:

  • Labu kuning, potong kecil.
  • 2 buah pisang tanduk, potong. Untuk pisang ini sebenarnya banyak pilihan juga, ada pisang kepok, pisang nangka, pisang raja, pisang tanduk dan pisang uli. Ini saya menggunakan pisang tanduk, karena nemunya itu di tukang sayur. Semua jenis pisang buat kolak ini enak kok rasanya.
  • Daun pandan.
  • Santan, disini saya menggunakan satu buah kara.
  • 1 buah gula merah.
  • Gaaram secukupya.
Cara membuat:

  • Panaskan air. Setelah mendidih masukkan labu kuning dan pisang, biarkan sebentar.
  • Masukkan gula merah, daun pandan dan sedikit garam untuk menambah rasa. 
  • Setelah labu kuning dan pisang empuk, masukkan santan.
  • Aduk rata dan matikan kompor ya. Kolak pisang dan labu kuning sudah bisa dinikmati.
Kebetulan nih beberapa hari ini memang hujan dan flu, jadi terasa enak saat menikmati kolak hangat. Dan sisanya aku simpan di kulkas, untuk buka puasa senin. Kalau disimpa di kulkas kuat 4 harian dan masih terasa enak banget. 
Kolak yang merupakan makanan khas Indonesia banyak banget jenisnya. Yang biasanya saya buat itu, kolak pisang, kolak kolang kaling, kolak ubi, kolak singkong, hingga kolak mutiara. Ga sabar nih menanti bulan ramadhan dan ngabuburit sambil memasak menu berbuka puasa. Kalau malas bikin kolak, tenang saja, biasanya banyak yang jualan saat buka puasa. Tinggal pilih saja manu kolak apa, pasti lengkap banget yang jualan.
Teman-teman sukanya kolak apa nih?

Komentar