Mengenal Lebih Dekat Nassa School

Mengenal Lebih Dekat Nassa School
Hastag.net –  Kenapa ya anak-anak di sekolah harus ikut ekstrakurikuler? Kalau aku pasti jawab, karena banyak sekali manfaatnya. Selain sekolah yang giat, saya bisa mengasah kemampuan, kepribadian dan mendapatkan prestasi dari ekstrakurikuler yang saya ikuti. Dan teater menjadi ekstrakurikuler yang bisa membangun rasa percaya diri dan kepribadian saya selama ini.
Di setiap sekolah itu banyak sekali ekstrakurikuler yang saya ikuti, salah satunya adalah teater. Karena di teater saya bisa berlatih vokal, acting hingga menggunakan alat musik. Justru itu bisa mengembangkan bakat dan rasa percaya diri saya, sehingga bisa berprestasi di bidang seni saat sekolah. Karena menurut alm bapak, berprestasi itu bukan saja dari pelajaran, bisa dari berbagai bidang. Lebih bagus lagi kalau pelajaran dan bidang lain berprestasi juga, jadinya balance
Ngomongin tentang ekstrakurikuler ini, di Nassa School setiap siswa dan siswinya wajib mengikuti juga. Bahkan bisa membuat siswa siswi berprestasi. Minggu lalu berkesempatan untuk datang langsung dan mengenal lebih dekat Nassa School kampus A di Jati Rahayu Pondok Melati, Bekasi. 
Mengenal lebih dekat Nassa School
Dokumen pribadi

Pada 19-21 Desember 2019 lalu, Nassa School mengadakan Open Fair di Lapangan Mini Futsal Nassa Kampus A. Disini para siswa dan orangtua bisa mengenal lebih dekat produk serta program Nassa School. Ada banyak sekali booth yang dihadirkan, mulai dari Nassa Cafetaria, Ekstrakurikuler sekolah (dari mulai robotic, panahan, tari, futsal, basket, renang, teater, paduan suara, dan sinetografi), Green Zone, LIA, Binus Center, Infra Digital Nusantara, NHT Solution, hingga Salut Nassa Mitra Trans Abadi untuk armada antar jemput.

Pertama kali datang ke Nassa School kampus A memilili konsep Green School, sampai di kantinnya juga, ga ada itu penggunaan plastik loh, asyik banget kalau melihat begini. Jadi anak-anak bisa sadar akan kebersihan, dan terbiasa menjaga lingkungannya sejak dini. 
Nassa School ini sudah berdiri sejak lama sekali, tepatnya sudah 33 tahun berdiri. Pas dengar cerita dari Bapak Suparno selaku Kepala Marketing Communication, ada juga loh siswa yang dulu pernah sekolah di Nassa, lalu menyekolahkan anaknya di sekolah yang sama. Tentu ini menarik, berarti Nassa selalu jadi pilihan untuk sekolah.

Saat tur di Nassa School, bisa melihat ruang seni yang lengkap banget nih

Pas tanya-tanya di Open fair juga, siswa siswi disini senang sekali sekolah, apalagi dengan kehadiran ekstrakurikuler yang bisa menjadi pilihan. Anak-anak di Nassa School diwajibkan ikut Ekstrakurikuler maksimal 2. Teater dan Paduan suara selalu meraih prestasi yang membanggakan, bahkan Paduan Suaranya bisa mengikuti lomba hingga Luar Negeri loh. Ini sih keren banget. 
Nassa memberikan pendidikan berkualitas dari semua sudut pengembangan pribadi dengan bimbingan dan disiplin tata lingkungan yang menyenangkan. Nassa merupakan sekolah satu payung yang memiliki jenjang KB hingga SMA. Dengan sekolah satu payung ini Nassa memelihara komunitas dan tali persaudaraan antar siswa dari semua jenjang. 
Lokasi Nassa ada 2 yang tentunya dilengkapi dengan infrastruktur, dari mulai Kampus A (Gedung Nassa) yang memang fokus digunakan sebagai sarana belajar akademik reguler. Sedangkan kampus B (Nassa Valley) dirancang untuk memafasilitasi siswa agar mendapatkan pengalaman belajar di luar kelas, melatih keterampilan dasar sehari-hari, serta pendidikan lingkungan hidup.
Dokumen by Nassa School

Dengan mottonya “Exploring Better Off“, Nassa School memiliki visi “menghasilkan manusia global yang tanggap, tegar, beriman, cerdas serta manusiawi, disesuaikan dengan waktu, kebutuhan dan zamannya. Sedangkan salah satu misinya adalah memberikan pengalaman kepada siswa untuk berprestasi dalam bidang akademik dan non-akademik, baik tingkat nasional dan internasional.

Saat hadir ke Open Fair, jadi tahu juga nih tentang 5 value yang diterapkan di Nassa School, mulai dari:
1. Academic Excellence

Nassa berupaya membantu anak mencapai kualitas akademik yang unggul, pengembangan maksimum kapasitas intelektual dan keterampilan. Sehingga dapat berperan penting kehidupannya kelak di masyarakat.
2. Music dan Art

Nassa School melibatkan anak-anak dalam seni. Karena dengan seni juga berhubungan dengan kemajuan dan matematika, membaca, kemampuan kognitif, berpikir kritis, dan keterampilan verbal. Selain itu dengan seni bisa meningkatkan motivasi, konsentrasi, percaya diri dan kerjasama tim.
3. Islamic Value
Nassa School juga menerapkan nilai-nilai agama islam dalam kegiatan sekolah, seperti shalat Dhuha, shalat Dzuhur dan Ashar, hingga target hafal Al’Qur’an. 
4. Eco Attitude
Dengan penanaman budaya pelestarian lingkungan yang dilakukan sejak dini, menjadi upaya yang sangat efektif dalam mengatasi persolan kerusakan lingkungan hidup yang terjadi. Yang dilakukan Nassa ini bertujuan untuk membentuk rasa tanggung jawab anak dalam mempergunakan lingkungan hidup.
5. Inclusive

Nassa juga menawarkan program inklusi yang didukung dengan program terapi yang komperhensif. Pendidikan inklusif adalah jawaban terbaik bagi harapan tercapainya masyarakat yang berperadaban.
Mengenal Nassa School lebih dekat menjadi lebih tahu bagaimana dukungannya untuk siswa siswi supaya lebih berprestasi, bahkan saat melihat langsung fasilitasnya sudah sangat lengkap. Dari lab komputer, ruang musik hingga perpustakaan yang nyaman. Bahkan, supaya belajar menjadi menyenangkan, Nassa School ada kelas indoor dan outdoor.
Dokumen by Nassa

Dengan prgram-program yang dimilikinya seperti pendidikan lingkungan hidup, pratical life skill, outbound dan fun learning ini bisa menjadi pilihan untuk anak-anak yang sedang mencari sekolah berkualitas. Dengan pratical life skill anak-anak akan mendapatkan pelatihan keterampilan hidup sehari-hari untuk membentuk mental dan karakter siswa.

Tentunya ini menarik sekali. Karena sekolah di Nassa School itu:
  • Kekeluargaan. Dengan model sekolah satu payung menjadi peluang interaksi siswa terbuka lebar. Maka dari itu, Nassa memiliki program KADIKSUH (kakak adik asuh) guna merawat terjalinnya keakraban antar siswa.
  • Seni. Alat musik dan alunan bukan hal aneh lagi di Nassa, karena seni musik, teater dan tari senantiasa dikembangkan di sekolah ini. Bahkan bisa berprestasi.
  • Menghargai keunikan individu. Di Nassa setiap individu memiliki potensi, kelebihan serta cara belajar yang unik. Dan Nassa berusaha memfasilitasi keberagaman itu.
  • Selalu ada hal baru. Dengan motto yang dimilikinya, bisa menjadi penyemangat agar warga sekolah senantiasa berusaha menemukan cara serta langkah-langkah baru untuk menyelesaikan permasalahan yang ditemukan.
  • Kelas bukan pembatas. Belajar tak terbatas buku maupun guru, perkembangan teknologi terus melaju mengubah cara manusia mendapatkan informasi.
  • Bersahabat dengan lingkungan. Penting menjaga kelestarian lingkungan hidup sudah tak terelekkan lagi demi kelangsungan hidup manusia.
Saat di Open Fair berkenalan juga dengan Green Zone yang merupakan sebuah kegiatan kampanye ramah lingkungan yang diselenggarakan oleh OSIS SMA Nasional Satu sejak tahun 2006. Dimana dalam kegiatan ini para siswa dibekali pengetahuan mengenai kegiatan ramah lingkungan dan bersama-sama berkampanye melalui berbagai kegiatan seperti penyuluhan ke masyarakat, sekolah sekitar, kompetisi olahraga, bakti sosial, hingga pentas seni.

“Sampahku tanggung jawabku” itulah slogan yang saya lihat di Nassa School. Anak-anak diajarkan untuk lebih peduli dengan lingkungan. Di setiap sudut sekolah ada 4 tempat sampah sesuai jenis sampah, seperti:

  • Kuning untuk sampah plastik, kaleng dan kaca, yang akan dikirim ke Bank Sampah.
  • Biru untuk sampah berbahan kertas, yang akan dikirim ke Bank Sampah.
  • Hijau untuk sampah organik (sisa makanan, dedaunan dan sampah rautan pensil). yang akan diolah menjadi kompos.
  • Merah untuk sampah kotor dan berbahaya.
Dengan begini siswa-siswi juga bisa belajar memilah sampah, dan akhirnya terbiasa untuk tidak buang sampah sembarangan juga. 
Mengenal lebih dekat Nassa School sangat menyenangkan, apalagi bisa berbincang langsung dengan ekstrakurikuler berprestasi yang sudah mendapatkan banyak penghargaan, seperti teater dan paduan suara. Dengan dukungan orangtua dan sekolah, tentu akan membuat siswa-siwi semakin semangat dan bisa menyalurkan bakatnya juga. Sehingga mereka berprestasi. 
Memilih sekolah buat anak-anak memang tak boleh sembarangan juga, harus dilihat bagaimana program, misi visi, kegiatan-kegiatan, hingga ekstrakurikuler yang bisa mendukung anak-anak terus maju dan berkembang. Membangkitkan rasa percaya diri, kemandirian, kepedulian dan menjadi sosok yang cerdas. (*)

Komentar