Mahasiswa Jalur SM ITB Wajib Memiliki Saldo Rp100 Juta Viral di Medsos

HastagNet – Dunia jagat sosial media diramaikan dengan mahalnya masuk akademi besar kesukaan Institut Teknologi Bandung ( ITB). Banyak netizen memperbincangkan mahalnya masuk ITB lewat jalan (jalur) Seleksi Mandiri ( SM).

Salah satu account yang mangulas merupakan @Mudirans. Account Twitter ini menyebut apabila duit pangkal mahasiswa baru jalan SM ITB Rp25 juta serta SBM Rp40 juta. Pada screen shot website itb. ac. id pula disebutkan apabila bagaikan jaminan, mesti terdapat fakta saldo Rp100 juta.

Isu tersebut juga ramai diperbincangkan jagat media sosial baik di Twitter maupun Instagram. Sebagian netizen berpendapat miring tentang keadaan tersebut.

Di mana pembelajaran kesukaan cuma dapat diakses orang kaya. Tetapi netizen yang lain malah menulis apabila bayaran tidak jadi penghalang menimba ilmu di akademi besar kesukaan.

Kala dicek ke web formal ITB, terpaut proses penerimaan mahasiswa baru jalan atau jalur Seleksi mandiri ( SM), itb. ac. id.

Mahasiswa Jalan SM ITB Wajib Memiliki Saldo Rp100 Juta Viral di Medsos

Dalam halaman itb. ac. idtertulis kalau segala partisipan Seleksi Mandiri ITB ( SM- ITB) 2020 yang dinyatakan lulus di salah satu Fakultas/ Sekolah/ Program Riset di ITB, tidak hanya wajib melunasi Bayaran Penyelenggaraan Pembelajaran( BPP) ataupun Duit Kuliah Tunggal( UKT), diharuskan melunasi iuran Pengembangan Institusi.

Besaran IuranPengembangan Institusi tersebut minimum sebesar 2 kali UKT5 Jalan SNMPTN yang berlaku di Fakultas/ Sekolah/ Program Riset yang menerima partisipan yang bersangkutan.

Dengan rincian, Fakultas/ Sekolah tidak hanya SBM minimum Rp25. 000. 000. Sedangkan Sekolah Bisnis serta Manajemen( SBM) minimum Rp40. 000. 000.

Pelunasan Iuran Pengembangan Institusi tersebut dicoba cuma satu kali, pada dikala penerapan Registrasi Mahasiswa Baru ITB 2020.

Tiap calon mahasiswa yang dinyatakan lulus Seleksi Mandiri ITB( SM- ITB) 2020 diharuskan buat menandatangani serta mengunggah Pesan Statment Keahlian Pembayaran BPP/ UKT Sepanjang Masa Riset.

Format pesan tersebut hendak di informasikan bertepatan dengan pengumuman hasil Seleksi Mandiri ITB( SM- ITB) 2020.

Kemeninfo BEM ITB Fikha berkata, gambar itu diambil 9 tahun kemudian yang diunduh serta diunggah ke account Twitter@itbfess sebab keadaan penerimaan ke ITB jalur seleksi Mandiri.

” Jadi, fotonya sendiri berasal dari artikel 9 tahun kemudian. Jadi instalasi seninya sesungguhnya tidak terdapat saat ini,” kata Fikha.

Secara konteks, ucap Fikha, karya instalasi itu gambar masa kemudian yang dihubungkan dengan keadaan saat ini sebab terdapat kebijakan kontroversial rektorat yang mengumumkan duit pangkal plus jaminan pembayaran tanpa membagikan data terlebih dahulu kepada mahasiswa yang hendak mendaftar SM.” Dari kami pula hendak menginfokan terpaut keadaan ini lewat medsos Kilometer ITB,” ucap Fikha. [*]

Komentar