Kenapa Kita Lebih Ingat Wajah Seseorang Daripada Namanya?

Berita600 views
“Kenapa kita lebih mengingat wajah seseorang daripada namanya”, kerap dipermasalahkan semua orang. Ternyata, hal tersebut wajar terjadi dengan adanya arugumen-argumen para ahli.

Pakar kesehatan Dervla Loughnane dari Virtual Psychologist menyebutkan, bahwa hal ini disebabkan oleh kecenderungan manusia yang tidak fokus pada nama seseorang saat pertama kali berkenalan. Tanpa kita sadari, kita sebenarnya lebih fokus pada hal-hal yang berkaitan dengan penampilan saat berkenalan dengan orang lain.

Sebagai contoh, kita terkadang tidak percaya diri saat berkenalan dengan orang lain dan berpikir jika mungkin pakaian kita kurang pantas, berusaha untuk berbicara dengan lebih sopan, atau mencoba untuk memulai bahan pembicaraan tertentu.


Tak hanya itu, ada sebagian orang yang cenderung terlalu berusaha untuk memuji orang yang baru kita kenal ini. Meskipun sebenarnya bertujuan untuk berbuat baik pada lawan bicara, hal-hal ini ternyata bisa membuat kita langsung lupa dengan nama orang yang baru saja kita kenal ini.

Loughnane melanjutkan, bahwa otak manusia ternyata harus bekerja dengan ekstra saat harus mengingat nama orang yang baru saja dikenal, apalagi jika jumlah orang yang dikenal cukup banyak. Hal ini ternyata membuat daya ingat otak tidak bekerja dengan maksimal untuk mengingat nama-nama tersebut.

Manusia Makhluk Visual, bagaimana tips mengingat nama orang

Clea Warburton, pakar kesehatan ahli saraf kognitif dari University of Bristol menyebutkan bahwa berbeda dengan kecenderungan manusia yang kesulitan untuk mengingat nama, kita ternyata lebih mudah mengingat wajah seseorang meskipun hanya sekilas melihatnya karena manusia memang dirancang sebagai mahluk visual. Di dalam otak kita, terdapat lebih banyak korteks yang ternyata berfungsi untuk mengolah informasi visual jika dibandingkan dengan indera lainnya. Kemampuan inilah yang membuat kita lebih mudah mengingat wajah.

Loughnan sendiri memiliki tips khusus agar kita tidak mudah melupakan nama seseorang yang baru dikenal, yakni dengan mengulangi nama lawan bicara tersebut dan cobalah untuk mengaitkannya dengan hal lain seperti lelucon. Sebagai contoh, jika nama seseorang ini adalah Rose, anda bisa saja bercanda dengan bilang “Wah, Anda yang selamat dari Titanic itu ya?”. Jika hal ini tidak juga berhasil, tidak ada salahnya untuk mencatat namanya saja.

[Inspiradata.com]

Komentar